@sabar. Powered by Blogger.
RSS

Translate

Manfaat mempelajari keanekaragaman hayati

Manusia kesehatan

Kanopi hutan beragam di Pulau Barro Colorado, Panama, menghasilkan tampilan ini buah yang berbeda
Relevansi keanekaragaman hayati untuk kesehatan manusia menjadi isu politik internasional, sebagai bukti ilmiah dibangun di atas implikasi kesehatan dunia kehilangan keanekaragaman hayati.  Masalah ini terkait erat dengan isu perubahan iklim,  karena banyak resiko kesehatan mengantisipasi perubahan iklim berhubungan dengan perubahan dalam keanekaragaman hayati (misalnya perubahan pada populasi dan distribusi vektor penyakit, kelangkaan air bersih, dampak pada pertanian keanekaragaman hayati dan sumber makanan dll) Hal ini karena spesies yang paling mungkin adalah mereka yang hilang penyangga terhadap penularan penyakit menular, sedangkan spesies yang masih hidup cenderung menjadi orang-orang yang meningkatkan penularan penyakit, seperti yang dari West Nile Virus, Lyme penyakit dan hantavirus, menurut sebuah penelitian yang dilakukan bersama -ditulis oleh Felicia Keesing, dan ekologi di Bard College, dan Drew Harvell, associate director untuk Lingkungan dari Pusat Atkinson untuk Masa Depan yang Berkelanjutan (ACSF) di 
Meningkatnya permintaan dan kurangnya air minum di planet ini merupakan tantangan tambahan bagi masa depan kesehatan manusia. Sebagian, masalahnya terletak pada keberhasilan pemasok air untuk meningkatkan pasokan, dan kegagalan kelompok mempromosikan pelestarian sumber daya air. Sementara distribusi kenaikan air bersih, di beberapa bagian dunia tetap tidak setara. Menurut 2008 World Lembar Data Penduduk, hanya 62% dari negara-negara berkembang dapat mengakses air bersih.
Beberapa masalah kesehatan dipengaruhi oleh keanekaragaman hayati meliputi kesehatan dan keamanan makanan gizi, penyakit menular, ilmu kedokteran dan sumber daya obat, sosial dan kesehatan psikologis.Keanekaragaman hayati juga dikenal memiliki peranan penting dalam mengurangi risiko bencana, dan pasca-bencana dan upaya pemulihan.
Keanekaragaman hayati menyediakan dukungan penting untuk penemuan obat dan ketersediaan sumber daya obat.  Bagian penting dari obat berasal, langsung atau tidak langsung, dari sumber biologi: setidaknya 50% dari senyawa farmasi di pasar AS berasal dari tanaman, hewan, dan mikroorganisme, sementara sekitar 80% dari populasi dunia tergantung pada obat-obatan dari alam (digunakan baik dalam praktek medis modern atau tradisional) untuk kesehatan primer. Hanya sebagian kecil dari spesies liar telah diteliti untuk potensi medis. Keanekaragaman hayati telah menjadi penting untuk kemajuan seluruh bidang bionik. Bukti dari analisis pasar dan ilmu pengetahuan keanekaragaman hayati menunjukkan bahwa penurunan output dari sektor farmasi sejak pertengahan 1980-an dapat dikaitkan dengan pindah dari eksplorasi produk alami ("bioprospecting") yang mendukung genomik kimia dan sintetis; sementara itu, produk alami memiliki sejarah panjang dalam mendukung inovasi ekonomi dan kesehatan yang signifikan. Ekosistem laut sangat penting, walaupun tidak sesuai bioprospecting dapat meningkatkan hilangnya keanekaragaman hayati, serta melanggar hukum masyarakat dan negara dari mana sumber yang diambil.

[sunting]Bisnis dan industri

Produksi pertanian, foto adalah sebuah traktor dan bin pemburu
Banyak bahan industri berasal langsung dari sumber biologis. Ini termasuk bahan bangunan, serat, pewarna, karet dan minyak. Keanekaragaman hayati juga penting untuk keamanan sumber daya seperti air, kayu, kertas, serat, dan makanan. Akibatnya, hilangnya keanekaragaman hayati merupakan faktor risiko yang signifikan dalam pengembangan bisnis dan ancaman bagi keberlanjutan ekonomi jangka panjang.

[sunting]Kenyamanan, budaya dan nilai estetika

Keanekaragaman Hayati kegiatan rekreasi memperkaya seperti hiking, mengamati burung atau belajar sejarah alam. Keanekaragaman Hayati mengilhami s musisi, pelukis, pemahat, sastrawan dan seniman lainnya. Banyak kebudayaan melihat diri mereka sebagai bagian integral dari alam yang mengharuskan mereka untuk menghormati organisme hidup lainnya.
Kegiatan populer seperti berkebun, fishkeeping dan spesimen mengumpulkan sangat tergantung pada keanekaragaman hayati. Jumlah spesies terlibat dalam kegiatan tersebut di puluhan ribu, meskipun sebagian besar tidak masuk commerce.
Hubungan antara daerah alam asli dari hewan-hewan ini sering eksotis dan tanaman dan kolektor komersial, pemasok, peternak, dai dan mereka yang mempromosikan pemahaman dan kenikmatan yang kompleks dan kurang dipahami. Masyarakat umum respon yang baik terhadap paparan organisme langka dan tidak biasa, yang mencerminkan nilai yang melekat mereka.
Secara filosofis dapat dikatakan bahwa keanekaragaman hayati memiliki nilai estetika dan spiritual intrinsik untuk umat manusia itu sendiri. Ide ini dapat digunakan sebagai penyeimbang dengan anggapan bahwa hutan tropis dan ekologi alam lain hanya layak konservasi karena layanan yang mereka sediakan

[sunting]Ekologi jasa

Eagle Creek, Oregon mendaki
Keanekaragaman hayati mendukung jasa ekosistem banyak yang seringkali tidak mudah terlihat. Hal ini memainkan peranan dalam mengatur kimia atmosfer kita dan pasokan air. Keanekaragaman hayati secara langsung terlibat dalam pemurnian air, daur ulang s nutrisi dan memberikan tanah yang subur. Percobaan dengan lingkungan yang dikendalikan telah menunjukkan bahwa manusia tidak dapat dengan mudah membangun ekosistem untuk mendukung kebutuhan manusia;. Misalnya penyerbukan serangga tidak dapat menirukan, dan bahwa aktivitas sendiri merupakan puluhan miliar dolar dalam jasa ekosistem per tahun kepada umat manusia
Simulasi Daisyworld, didukung oleh bukti dari penelitian ilmiah, telah terbukti positif co-hubungan keanekaragaman hayati dengan stabilitas ekosistem, melindungi terhadap gangguan oleh cuaca ekstrim atau eksploitasi manusia

 

1.
Dengan Demikian Manfaat Mempelajari Keanekaragaman Hayati yaitu:

Dengan mengetahui adanya keanekaragamaan gen merupakan modal dasar untuk melakukan rekayasa genetika dan hibridisasi (kawin silang) untuk mendapatkan bibit unggul yang diharapkan.
2Dengan mengetahui adanya kenaekaragaman jenis dapat menuntun kita untuk mencari alternatif dari bahan makanan, bahan sandang, dan papan, juga dapat menuntun kita memilih hewan-hewan unggul yang dapat dibudidayakan.
3Dengan mengetahui adanya keanekaragaman ekosistem kita dapat mengembangkan sumber daya hayati yang cocok dengan ekosistem tertentu sehingga dapat meningkatkan hasil pertanian dan peternakan yang pada gilirannya dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat.


  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 comments:

Post a Comment