@sabar. Powered by Blogger.
RSS

Translate

SENDI

a. Sendi  merupakan hubungan antar tulang sehingga tulang mampu digerakkan. Hubungan antara dua tulang atau lebih disebut persendian atau artikulasi.

b.  Komponen Penunjang Sendi,berfungsi untuk memperkuat sendi dan memudahkan pergerakan, terdiri dari : Ligamen, merupakan jaringan ikat yang berfungsi mengikat bagian luar ujung tulang yang membentuk persendian dan mencegah berubahnya posisi tulang (diskolasi)
*.Kapsul sendi, merupakan lapisan serabut yang berfungsi melapisisendi dan menghubungkan dua tulang yang membentuk persendian.
*.Cairan sinovial, merupakan cairan pelumas pada ujung-ujung tulang yang terdapat pada bagian kapsul sendi.
*.Tulang rawan hialin, merupakan jaringan tulang rawan yang menutupi kedua ujung tulang yang membentuk persendian. Perlindungan ini penting untuk menjaga benturan yang keras.

c.  Tipe Persendian, terdiri dari :
1.  Diartrosis, merupakan persendian yang memungkinkan terjadinya gerak yang sangat bebas. Persendian ini memiliki komponen pendukung seperti kapsul sendi dan cairan sinovial.  Berdasarkan arah pergerakannya dikelompokkan menjadi lima, yaitu : sendi peluru, putar,pelana, engsel dan luncur
*.Sendi putar, merupakan persendian yang memungkinkan gerak berputar atau rotasi. Sendi putar terdapat diantara tulang tengkorak dan tulang atlas.
*.Sendi peluru, merupakan persendian yang memungkinkan gerakan  ke segala arah. Sendi peluru dapat ditemukan pada hubungan antara lengan atas dengan gelang bahu / tulang belikat,  dan tulang paha dengan tulang pinggul.
*.Sendi pelana, merupakan persendian yang memungkinkan beberapa gerakan rotasi, namun tidak ke semua arah. Sendi pelana dapat ditemukan pada jari-jari tangan dan telapak tangan.
*.Sendi engsel, merupakan persendian yang memungkinkan gerakan satu arah. Sendi engsel dapat ditemukan pada siku dan lutut.
*.Sendi luncur/ sendi geser, merupakan persendian yang memungkinkan gerakan rotasi pada satu bidang datar saja. Sendiluncur dapat ditemukan pada pergelangan tangan dan kaki,  ruas ruas tulang belakang dan tulang selangka.
2. Sinartrosis, merupakan persendian yang tidak memungkinkan adanya pergerakan. Persendian ini dekelompokkan menjadi dua, yaitu : sinartrosis sinkondrosis dan sinartrosis sinfibrosis.
*.Sinartrosis sinkondrosis merupakan sinartrosis yang tulangnya dihubungkan oleh tulang rawan, contohnya : hubungan tulang rusuk dengan tulang dada.
*.Sinartrosis sinfibrosis merupakan sinartrosis yang tulangnya dihubungkan oleh jaringan ikat serabut, contoh : hubungan antar sendi tulang tengkorak. Hubungan atara tulang tengkorak disebutsutura.

Gerak Yang Muncul Karena Adanya Persendian Adalah :
a. Fleksi dan ekstensi.
*.Fleksi merupakan gerak menekuk atau membengkokkan.
*.Ekstensi merupakan gerak meluruskan. Sehingga merupakan kebalikan gerak fleksi.
*.Gerak ekstensi lebih lanjut hingga melebihi posisi anatomi tubuh disebut hiperekstensi.
b. Adduksi dan abduksi.
*.adduksi merupakan gerak mendekati tubuh.
*.Sebaliknya, abduksi merupakan gerakan menjauhi tubuh.
c.  Elevasi dan depresi.
*.Elevasi merupakan gerak mengangkat.
*.Sebaliknya,  depresi merupakan gerak menurunkan.
d.  Supinasi dan pronasi.
*.Supinasi merupakan gerak menengadahkan tangan.
*.Sebaliknya, gerak pronasi merupakan gerak menelungkupkan tangan. e. Inversi dan eversi.
*.Inversi merupakan gerak memiringkan telapak kaki kearah dalamtubuh.
*.eversi merupakan gerak memiringkan telapak kaki kearah luar.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 comments:

Post a Comment